Skip to content

Bungkus kadomu anti mainstream dengan cara ini!

Kado, kata tersebut sudah tidak asing di telinga kita. Biasanya orang-orang akan memberikan kado pada hari-hari spesial, seperti ulang tahun, lahiran bayi, dan hari-hari spesial lainnya. Nah, pernahkah kalian terfikirkan untuk membungkus kado kalian dengan cara yang anti-mainstream ? Apakah kalian sudah mendengar tentang seni origata ? Apa itu origata?


Di Jepang, sudah menjadi tradisi ketika mereka kedatangan tamu maka mereka membungkus permen atau kue dengan kertas hingga rapi dan berbentuk unik. Nah mereka biasanya membungkus dengan cara origata. Mari kita simak apa itu origata.

Dilansir nihongoenak.com, dikutip blog.la76.com. origata yaitu sebuah seni membungkus hadiah menggunakan satu lembar kertas dan dilipat, serta diikat tetapi tidak dipotong. Guna menampilkan keindahan serta menghormati sang penerima, kertas yang digunakan adalah kertas buatan tangan (washi). Ada beberapa aturan yang dibuat untuk membungkus menggunakan cara origata. yaitu Penerima Hadiah, Jumlah barang, Acara, dan bahkan musim bisa menentukan gaya dari origata tersebut.


Gaya origata ini sengaja ditujukan untuk memberikan petunjuk apa isi hadiahnya. Contohnya, biasanya teh berkualitas tinggi sering dijadikan hadiah oleh orang jepang, maka mereka akan membungkusnya kertas merah dimasukan ke celah hadiahnya dibagian atas supaya menandakan bahwa hadiah tersebut adalah teh hitam (ko-cha).
Melalui origata sebenarnya memiliki pesan-pesan yang bisa diungkapkan. misalnya saja kichi no tsutsumi. yang berarti lipatan keberuntungan. lipatan kebahagiaan juga diungkapkan dengan cara ini. Biasanya digunakan dalam acara-acara kebahagiaan. seperti ulang tahun, acara perayaan dan lainnya.
Untuk menunjukan suatu ekspresi kepada penerima hadiah, memang origata ini membutuhkan usaha ekstra supaya menjadikan kado menjadi menarik. Tertarik mencobanya?
[rbd/source : blog.la76.com]

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *