Skip to content

Toilet Terbersih Di Dunia? Cara Menggunakan Toilet Jepang

(ilustrasi logo pintu toilet)
nihongoenak.com – Jepang, Toilet tidak luput dari kegiatan rutin kita sehari-hari sebagai manusia. Pada postingan kali ini akan kami bahas tentang Bagaimana Cara Menggunakan Toilet Jepang? Bagi Anda yang akan atau ingin pergi ke Jepang, ada kalanya perhatiakan Cara Menggunakan Toilet ini.

Mungkin Anda akan merasa malu jika tidak tahu bagaimana cara menggunakan toilet di Negri Sakura tersebut. Di Jepang, toilet ada di stasiun, taman, mall, restoran, dll. Oleh sebab itu, jika tinggal di Jepang, tidak perlu kawatir tidak menemukan toilet. Jika merasa ingin pergi ke toilet. Karena tiap Negara memiliki cara menggunakan toilet yang berbeda-beda. Berikut ini adalah cara menggunakan toilet Jepang.
※Di Jepang, toilet tidak disebut “bath room”,”rest room” atau “WC”. Biasanya orang Jepang menyebutnya “toire” karena serapan dari “toilet“.

Toilet Di Jepang Gratis.
Jika Anda ingin pergi ke toilet umum, tidak perlu risau dengan menyiapkan uang receh untuk pembayaran toilet. Di Jepang toilet disediakan secara gratis.
Tissue Toilet
Di Jepang, Tissue toilet tidak dibuang di tempat sampah, melainkan langsung dialirkan ke dalam toiletnya. Karena di toilet jepang tidak ada kotak sampah. Tissue toilet Jepang terbuat dari bahan yang mudah hancur jika terkena air.
Cara Menggunakan Toilet Di Jepang
Di Jepang ada 3 Tipe toilet, berikut penjelasan beserta cara menggunakannya.
1. Toilet Gaya Jepang
(ilustrasi washikitoilet (c) mcha-jp.com)
Toilet tipe ini sudah jarang ditemukan, toilet tipe ini biasanya disediakan di rest area jalan tol. Cara memakai toilet ini yaitu kita jongkok dengan bagian yang menonjol menghadap Anda. Jadi Anda buang air dengan membelakangi pintu. Jika ingin mengalirka air tekan tombol/tuas yang berada di depan Anda. Seperti ini ilustrasinya.
(ilustrasi (c) mcha-jp.com)
 2. Toilet Tipe Duduk (Gaya Barat)
Sudah tidak asing lagi toilet jenis ini. Banyak yang menggunakannya. Seperti yang sudah kita ketahui, Anda tidak diperbolehkan jongkok di toilet tipe ini. Buka penutupnya lalu duduklah seperti Anda duduk di kursi.
(ilustrasi (c) mcha-jp.com)
Toilet macam ini banyak di jumpai di Jepang. Jika Anda ingin mengalirkan air biasanya Anda akan memutar tuas yang berada di samping toilet, tetapi akhir-akhir ini hanya dengan sensor dan tombol Anda bisa mengalirkan air.
(ilustrasi Tuas Toilet (c) mcha-jp.com)

Pada handle ada tulisan ” 小 ” yang berarti kecil, dan ” 大 ” yang berarti besar. Ini adalah menunjukkan sedikit banyaknya air yang mengalir. Kalau tissu juga hendak dialirkan, maka tekan yang beraliran besar, jika tanpa tissu berarti tekan yang beraliran kecil.
(ilustrasi Control Panel Toilet (c) mcha-jp.com)
Pada control panel seperti pada foto pada bagian yang berlingkar merah tersebut adalah bagian untuk mengalirkan air. Jika tombol, tekan tombolnya, Jika menggunakan sensor,dekatkan tangan pada mesin sensor.
3. Tipe Toilet Kecil Khusus Untuk Laki-Laki
(ilustrasi danshitoilet(c) mcha-jp.com/mooljot)
Yang terakhir adalah tipe Danshi toire. Ini adalah toilet khusus laki-laki. Cara mengalirkan airnya hanya dengan meninggalkan ruang toilet maka air akan secara otomatis keluar dengan sendirinya. Ada juga yang masih menggunakan tombol untuk mengalirkan airnya.
Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Toilet Jepang!

・Tidak buang tissu yang habis dipakai pada tempat sampah. Tetapi dialirkan bersama airnya pada toilet. (Dilarang buang pembalut wanita pada saluran air ini).

・Setelah pakai toilet jangan lupa siramkan airnya (bingung antara yang besar atau yang kecil? pilih yang besar pun tidak apaーapa).

・Pada toilet gaya barat dilarang jongkok, tetapi harus duduk.

Jepang sangat menghargai sekali kebersihan, dan juga memiliki budaya “Tidak ingin merepotkan orang lain” “Tidak mengotori tempat yang digunakan bersama”. Meskipun datang ke Jepang hanya untuk wisata, tidak dipungkiri pasti Anda akan pergi ke toilet. (rbd/mcha-jp.com)

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *