Skip to content

3 Hewan Legendaris Yang Ada Dalam Kuil Jepang!

Image Source : allabout-japan.com
nihongoenak.com – Kuil, Berbicara mengenai kuil tak bisa lepas dari kepercayaan orang-orang jepang, yaitu Shinto. Shinto merupakan kepercayaan paling tua di jepang. dan kuil menjadi tempat ibadah bagi umat umat penganut kepercayaan shinto. Diperkirakan kuil di Jepang sekitar 100.000 kuil shinto.

Dalam kepercayaan mereka, ada beberapa hewan yang dijadikan sebagai pelindung dari roh-roh jahat yang Ada di bumi. Biasanya hewan-hewan ini diletakkan di dalam kuil-kuil shinto ini. Hewan apa sajakah iu? Mari kita simak 3 Hewan yang menjadi pelindung kuil di jepang.
1. Kitsune (Rubah)
Image Source : allabout-japan.com
Rubah dipercaya menjadi utusan inari untuk menjaga kuil dan biasanya patung-patung rubah ini terletak di sekitar kuil kuil ini. Pada jaman dahulu di kuil juga dipelihara rubah hidup untuk menjaga kuil. Ada 32000 lebih kuil shinto yang menempatkan patung kitsune disekitarnya. Patung ini didedikasikan untuk Dewa Padi, sake, pertanian dan Industri. Kadang menjadi pengganti Komainu di beberapa kuil.
2. Komainu (Lion-Dog)
Hewan komainu, semacam hewan singa tetapi memiliki tubuh anjing ini dipercaya menjaga kuil dari energi energi buruk yang mengganggu atau hinggap di tubuh manusia. Patung Komainu ini biasanya diletakkan di pintu masuk kuil ataupun di dalam kuil.
Image Source : komainu (allabout-japan.com)
Jika Anda ingin melihat patung hewan ini lebih dekat, seperti dilansir allabout-japan.com, untuk pergi ke kuil Yaeyama, Prefektur Shimane.
3. Hato (Merpati)
Ada lebih dari 25.000 kuil shinto yang menggunakan merpati untuk simbol perdamaian. Kuil Hachiman adalah kuil terbesar kedua setelah Kuil inari. Kuil Hachiman didedikasikan untuk dewa peperangan dan pelindung warga jepang.
Image Source : allabout-japan.com

Burung merpati dijadikan simbol untuk menjadi pelindung dan mewakili Hachiman. dan melindungi masyarakat jepang dari peperangan dan tetap dalam kedamaian.

Nah itu dia 3 hewan yang dianggap menjadi pelindung dikuil kuil shinto. Menarik bukan?

(rbd/source : allabout-japan.com)

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *