Skip to content

SIapa dan Apakah Amanojaku?

amanojaku adalah mitos jepang

nihongoenak – Mitos, kali ini aku akan bahas mengenai yang namanya mitos. Setiap negara yang ada di dunia ini pastilah punya mitos sendiri sendiri ya guys. Tapi terkadang ceritanya juga hampir sama, hanya saja beda tokoh dalam mitos itu guys. Mulai dari mitos yang romantis, kisah cinta hingga mitos berupa siluman maupun hantu hantuan guys.

Mitos kali ini datang dari Negeri Sakura. Yokai, yokai adalah semcam makhluk mitos guys, ya semacam siluman mulai dari binatang, hingga wanita cantik, dari yang cantik hingga yang paling kejam dan seram. Salah satu yokai terkejam dalam sejarah mitos jepang adalah Amanojaku.
Amanojaku adalah makhluk yang telah dikenal sejak masa sejarah di Jepang guys. Ada yang bilang bahwa Amanojaku ini adalah kami (dewa) ada yang menyebutkan juga iblis ataupun yokai (siluman). Yang mana tugasnya menghasut seluruh manusia untuk berbuat jahat. Ya intinya makhluk ini seperti setan yang menghasut manusia guys.
AWAL MULA AMANOJAKU
Amanojaku ini dipercaya berasal dari dewa jahat yang bernama amanosagume guys. Dia punya kekuatan untuk bisa melihat isi hati seseorang. Memang mengerikan makhluk yang satu ini. Dalam ajaran agama budha makhluk ini selalu digambarkan atau disimbolkan sedang diinjak oleh Bishamonten atau Shitenno.

Amenosagume adalah seorang Dewa bawahan dari dewa Amewakahiko. Di saat Amaterasu dan Takamimusuhi mengirim seekor bangau untuk menyelidiki mengapa Amewakahiko terlambat datang ke langit, Amenosagume yang melihat bangau itu, menyuruh Amewakahiko untuk membunuh bangau tersebut. Amewakahiko menembak bangau tersebut dengan anak panah yang diterimanya dari dewa Amatsukami, namun panah tersebut jatuh kembali ke bumi dan membunuh Amewakahiko.

URIKO-HIME

Uriko-hime, Siapakah uriko hime ini? cerita uriko hime ini adalah salah satu legenda yang terkenal yang mengusung sosok yokai Amanojaku guys. Seperti ini kisahnya. Pada zaman dahalu, ada suami istri yang ingin mempunyai anak, lalu menemukan sebuah labu, dan di dalam labu tersebut terdapat seorang bayi perempuan. dan akhirnya suami isteri tersebut merawatnya hingga tumbuh besar.

amanojaku adalah

Suatu hari, Uriko-hime dilamar oleh seorang pria dari kota, lalu orang tua angkat uriko hime ini mempersiapkan segalanya untuk pesta pernikahannya di kota. Sebelum orang tuanya pergi ke kota, orang tua angkatnya berpesan, agar tidak membukakan pintu kepada siapapun dan apapun kejadianya. Selang beberapa menit ditinggal orang tuanya, tiba tiba, terdengar ketukan pintu rumah uriko-hime. “tolong, bukakan pintunya Uriko-hime, tolong” Ingat pesan kedua orang tuanya, sang putri tetap tidak membukakan pintunya, “Kalau kau tak mau, tolong bukakan sedikit saja jendelanya”

Dengan ragu sang puti pun membuka sedikit jendelanya, dan Naas, dari jendela masuklah Amanojaku dan langsung membunuh Uriko-hime, dan mengulitinya.

Baca Juga : 3 Hewan Legenda dalam kuil Jepang

Lalu, sang Amanojaku menggunakan kulit Uriko-hime untuk menyamar menjadi dirinya, Bahkan orang tuanya juga tak mengenali bahwa Amanojaku menyamar menjadi putrinya. Dan hari pernikahan pun tiba, orang tua angkatnya membawa uriko-hime palsu ke pernikahan, di tengah perjalanan burung gagak memeringatkannya bahwa dia bukan uriko-hime, Mereka pun akhirnya memegangi Amanojaku yang menyamar dan mencuci badannya berkali-kali sampai kulit Uriko-hime yang dipakai menyamar terlepas. Ia pun berusaha melarikan diri, namun akhirnya mati setelah menjadi sasaran amukan massa desa tersebut. Selesai.

Refference : yokai.com

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *