Skip to content

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

cara-perkenalan-diri-bahasa-jepang
Image By Google

nihongoenak – Hey e-netizen, perkenalkan nama aku ngademin, mohon kerjasamanya. Perkenalan, ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, kalau sayang segera dipinang. hehe, perkenalan, banyak sekali hal mengenai perkenalan. perkenalan sendiri ini sangat penting dalam kehidupan sehari hari.

Nah bagi kalian yang belajar bahasa asing, khususnya bahasa jepang, biasanya masuk hari pertama pelajaran kalian akan berkenalan di depan kelas menggunakan bahasa jepang bukan? nah, daripada kalian nunggu diajari, belajar dulu yuk bagaimana memperkenalkan diri menggunakan bahasa jepang.

Baca Juga : Tradisi Membungkuk Di Negara Jepang atau Ojigi.

Langsung saja kita simak percakapan berikut ini!

“Konnichiwa, hajimemashite watashi wa ngademin desu. Douzo Yoroshiku onegaishimasu”.
Paham? aku beri satu contoh lagi.
“Ohayou gozaimasu, hajimemashite watashi wa supaidin desu. Douzo Yoroshiku Onegaishimasu”.
Sudah paham?
Mari simak sekali lagi.
“Konnichiwa, hajimemashite watashi wa paimin desu. Douzo Yoroshiku Onegaishimasu”
Paham desuka? Kata mana saja yang berubah? ya! kalian bisa lihat dari ketiga contoh diatas! ada beberapa kata yang berubah. Mari kita kupas satu demi satu.
“Konnichiwa”, “Ohayou gozaimasu”, itu termasuk kata? yak benar sekali termasuk kata dalam bahasa jepang, tapi bukan itu yang kita sepakati, kata itu termasuk dalam keterangan waktu.
Konnichiwa = Selamat siang.
Ohayou gozaimasu = Selamat pagi.

selanjutnya, Hajimursali, eh maksudnya “Hajimemashite”, itu kata pembuka untuk perkenalan, kalau di indonesia itu seperti “salam kenal”. ya seperti itu. Lanjut, “watashi” (nunjuk hidung sendiri). watashi itu apa berarti? ya! watashi itu hidung saya, eh bukan, maksud aku, watashi itu aku, eh watashi itu artinya aku. lalu sebut nama kalian (paidin,paijo, simutamimah, ngademin dan lain lain). dan yang terakhir itu, “Douzo Yoroshiku Onegaishimasu”. Itu kalau di kita seperti “mohon kerja samany atau senang berkenalan dengan kamu”. yak gitu.

Jadi rumusnya :
(Ket. + Hajimemashite + watashi wa + (Namamu Sendiri) + Desu + Douzo Yoroshiku Onegaishimasu).
Buat kalimat jawaban dari teman kalian ketika berkenalan itu seperti ini :

“hai, kochira koso, douzo yoroshiku onegaishimasu” artinya ya sama seperti douzo yoroshiku onegaishimasu, cuman kita tambahi sedikit jadi “Senang juga berkenalan denganmu”.

Aku yakin, sehabis ini kalian langsung bisa dan lancar buat memperkenalkan diri menggunakan bahasa jepang di depan kelas kalian masing masing ketika pelajaran bahasa jepang tentunya!

Nah gimana nih guys? mudah di paha mi, atau mudah di pahami? aku harap kalian paham ya guys. kalau kalian masih belum juga paham ya berarti itu salah kalian. hehe. Ulangi lagi dan cermati ya guys! aku yakin kalian pasti bisa guys. Stay Ganbare!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *