Skip to content

Permainan Untuk Mengasah Kosakata Dalam Bahasa Jepang

nihongoenak – yo whatsap netizen, belajar bahasa memang terkadang membosankan jika kita hanya duduk, menghafal grammar, menghafal kosakata, dan sebagainya. Begitupun juga ketika belajar bahasa jepang. Terkadang belajar bahasa jepang terasa membosankan. Nah bagaimana caranya supaya kita bisa bermain sejenak tetapi masih tetap mendapat ilmu dari permainannya. Permainan apa ya kira kira? tebak kata? itu biasa. TTS? apa lagi. LAngsung simak di bawah ini.


Permainan yang bisa mengasah kemampuan bahasa jepang kalian adalah permainan shiritori. Apa itu shiritori? Shiritori adalah permainan kata di jepang. Shiritori secara harfiah sendiri artinya mengambil dari belakang. Nah dalam permainan kata bahasa jepang ini, para pemainnya harus menyebutkan kata secara bergiliran, tapi giliran orang ke 2 harus membuat kata baru dari huruf terakhir si orang pertama guys.

Baca Juga : 5 Cara Melatih Kemampuan Bahasa Jepang

Gimana guys? masih belum paham? mari kita simak lagi contoh dari permainan dibawah ini!

Aturan main shiritori yaitu, Permainan shiritori biasa dilakukan 2 orang atau lebih banyak lebih rame, lalu tidak boleh mengulang kata yang sama dalam satu ronde.

Contoh :

  • Onigiri – Ringo – Gohan.
  • Onegai – itsumo – moji – jikoshoukai – iku – kutsu – tsuku – kuraberu ….(masih lanjut sampai ada yang mengucap kata dengan akhiran huruf N).

Nah permainan berakhir. Yang nyebut gohan itu yang kalah. Biasanya nih permainan ini ada aturan aturan tambahannya guys. Tergantung persetujuan para pemainnya. Misal yang kalah harus minum air putih satu gelas, atau hukuman lainnya guys. Seru bukan? Biasanya kalau aku sendiri mainan ini rame rame guys, terus yang kalah poles deh pake bedak, dan kaga dihapus sampe jam yang ditentuin. Cara ini efektif ko guys, buat menambah kosakata bahasa jepang kalian.

Menurut aku, permainan shiritori ini bermanfaat lho guys! Antara lain, mainannya seru, mengurangi setress, bisa tertawa ria, bermain bersama teman, menambah keakraban, selain itu juga bisa memperkaya kosakata kita dalam bahasa jepang guys!

Menurut aku juga mainan ini bisa jadi salah satu alternatif mainan yang bisa membuat otak kita berfikir mencari kata yang tepat untuk lanjutan hurufnya guys. Jadi ya mau gak mau harus jawab kalau tidak mau terkena hukuman. Oke guys Stay Ganbare!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *