Skip to content

Istilah dan Tradisi Tahun Baru Di Jepang

 

Yow, hello netizen, apa kabs? whips! –> Efek kebanyakan nonton youtube. Yow kali ini ada beberapa segelintir enakers (subscriber nihongoenak) yang minta diulas, istilah istilah apa saja sih yang sering muncul pada saat tahun baru di Jepang? sama apa saja sih yang mereka lakukan saat tahun baru di jepang?

Biasanya kalian tahun baru ngapain aja nih? hangout sama gebetan? atau hangout sama pacar? atau dirumah diem? Nah dari negeri sakura onoh, ada beberapa tradisi jepang menjelang tahun baru yang sedikit unik, bagi aku ini tradisi yang bagus sekali, salah satunya yaitu bersih bersih menjelang tahun baru guys! istilah jepangnya Oosouji, 大掃除 (Pembersihan Total) Jadi di momen menjelang tahun baru orang jepang melakukan bersih bersih, tujuannya supaya aura keberuntungan selalu hadir. Karena debu atau kotoran dianggap apa ya, pamali mungkin, nah bersih bersih oosouji ini beda guys dengan bersih-bersih saat biasanya, karena saat oosouji ini, tempat yang biasanya tak disapu maupun dipel, jadi di pel dan disapu. seperti kolong-kolong, belakang lemari, dan lain lain.

Selain oosouji, ada juga tradisi Shimekazari (注連飾り) guys! Apa itu Shimekazari? Shimekazari yaitu dekorasi yang di buat oleh orang orang jepang untuk menyambut datangnya tahun baru guys! mereka akan menghias rumah mereka dengan dekorasi dekorasi indah nan bagus.

Nah Seperti disamping itu tuh yang di sebut shimekazari. Shimekazari ini biasanya dipasang di depan pintu, pada tanggal 26 desember biasanya dipasangnya, dan dilepas pada tanggal 15 Januari selang 2 minggu setelah tahun baru gitu guys! Pemasangan Shimekazari ini tujuannya supaya mengusir arwah arwah jahat yang ingin merusak aura rumah tersebut, supaya keberuntungan hadir di rumah tersebut guys.

Ada satu lagi guys yang tak kalah unik, kalau kita biasanya tahun baru ngucapinnya cuman lewat SMS/ ajaman sekarang ada WA, BBm, Nah di jepang justru mereka menulis kartu ucapan tahun baru guys, dan di kirim ke kerabat mereka, tradisi ini disebut Nengajyou (年賀状). Mereka menulis ucapannya sendiri, dan mengirimnya ke kerabat maupun teman dekat mereka guys, mungkin kita mikir, kok susah susah ya pake kartu pos segala buat ngucapin, lewat SMS/email kan bisa ya? Mungkin, ini mungkin lho guys, mungkin lebih asik aja kalau pakai kartu pos, berasa niat ngasihnya, berasa dari dalam lubuk hati gitu. coba lewat WA/SMS text sama perasaan kadang tak sinkron.

Selain tradisi yang dilakukan saat tahun baru, ada juga nih guys, istilah istilah bahasa jepang yang biasanya digunakan saat tahun baru,

新年あけましておめでとうございます Shinen akemashite omedetou gozaimasu = selamat tahun baru (diucapkan setelah tahun baru).

良いお年をお迎えください yoi otoshi o omukae kudasai = ucapan tahun baru yang diucapkan pada malam tahun baru (sebelum tahun baru) artinya adalah “semoga menjadi tahun yang baik”.

お正月 oshougatsu = 3 hari pertama di bulan Januari (biasanya hari libur tahun baru juga sampai tanggal 3)
元日 ganjitsu = hari pertama di tahun baru (1 Januari)

人日 jinjitsu = 7 hari awal di bulan Januari

お節料理 osechiryouri = sebutan umum untuk hidangan makanan di tahun baru

鏡餅 kagamimochi = hidangan mochi yang dihias berbentuk seperti cermin, dipotong dan dimakan saat malam tahun baru.

お雑煮 ozouni = makanan sup dengan mochi

年賀状 nengajou = kartu ucapan tahun baru

喪中葉書 mochuuhagaki = Jika ada anggota keluarga yang meninggal dalam kurun tahun tersebut maka jangan mengirimkan surat ucapan tahun baru, sebagai gantinya dan sebagai ucapan turut berduka kita mengirimkan mochuuhagaki.

お年玉 Otoshidama = amplop kertas yang berisi uang sebagai hadiah tahun baru ke anak-anak atau tamu. Sama seperti zakat dan ang pao gitu deh.

初だより hatsudayori = Haiku / puisi yang biasanya dibuat pada awal tahun baru.

小正月 koshougatsu = perayaan yang biasanya dilakukan pada pertengahan Januari (dulu pertengahan Februari).

初春 shoshun / hatsuharu = awal musim semi

迎春 geishun = ucapan untuk menyambut musim semi.

賀正 gashou = ucapan selamat tahun baru yang biasanya tertulis pada kartu tahun baru.

謹賀新年 kinga shinen = sama dengan yang di atas, ucapan tahun baru tertulis.

Nah, gimana? Unik bukan tradisi orang jepang saat tahun baru? budaya jepang memang unik guys, tapi kita juga harus bangga sama budaya kita sendiri, pelajari budaya orang yang baik baik aja ya guys. Oke mungkin sampai di sini dulu, Stay Ganbare!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *