Skip to content

Rekomendasi Kamus Untuk Belajar Bahasa Jepang

rekomendasi-kamus-bahasa-jepang-indonesiaHalo pembaca, Selamat datang di blog aku. Seneng ya bisa menyapa kalian lagi, pengunjung baru maupun pengunjung lama. Enak hidupmu? Kayaknya kali ini aku gak bakal bahas mengenai belajar bahasa jepang, ataupun sejarah sejarah, atau kebudayaan dulu. soalnya sudah malam (waktu aku ngetik pos ini). Berhubung kalian singgah dipostingan ini, berarti kalian sedang mencari alat alat untuk belajar bahasa jepang kan? atau lagi cari rekomendasi kamus jepang-indonesia ? atau baca yang lainnya aja juga boleh yang kebetulan nyasar.

Di dalam postingan kali ini, aku bakal bahas senjata apa yang aku rekomendasiin buat belajar bahasa jepang. Ini kalau ini harus pakai motivasi ya, soalnya ini belajar ilmu baru bukan nge-vlog kalau kalian nge-vlog jangan pake motivasi pakailah kamera yang baik dan benar. hehehe. Langsung saja yuk! Perlengkapan aja yang harus dipersiapkan untuk belajar bahasa jepang versi aku.

Yang pertama buku paket ya guys!

Buku Paket ini kalau kalian masih SMA biasanya buku paket bahasa jepangnya itu Buku SAKURA, mulai dari

Buku Sakura 1 hingga 3. Kenapa buku sakura? Bukunya lumayan ringan, gak begitu tebal, Selain itu juga penjelasan di dalamnya mulai dari kosakata hingga bunpou (grammar) mudah dipahami untuk pemula yang belajar bahasa jepang. Tapi sayangnya, penjelasan dan hurufnya masih menggunakan romaji.

Nihongo 1 maupun 2, aku belom pernah pake buku ini jadi maaf belom bisa riviuw dulu ya guys.

Minna No Nihongo 1 dan Minna No Nihongo 2. Ini buku yang bisa dibilang medium level bagi aku, kenapa? ada beberapa bab yang sulit dipahami, dan memang agak jelimet ya guys. Tapi bagi yang beneran belajar pasti mudah sekali paham ko guys!

20 Pointo, Buku Ini mengajarkan point pointnya aja, aku gak begitu mudeng isinya, tapi ngajarin bunpo berdasarkan 20 point point penting guys.

Tema Betsu Nihongo, Ini yang aku pake sekarang, bisa dibilang sulit tapi gak begitu sulit, karena lebih mudah lihat contoh kalimat buat paham grammar/bunpounya, tapi emang agak sulit juga, karena kani sudah mulai bejibun, dan furigana harus di hapus (caraku, kadang keder bacanya).

Belum selesai sampai disini guys, masa cuman buku paket? lha kalau gak tau mau nyari arti katanya gimana? Ya kamus dong, Nah, selanjutnya aku bakal nulis kamus kamus apa aja yang aku pakai buat belajar bahasa jepang guys!

Kamus Kokugo jiten, Ini adalah kamus kanji jepang,  tapi emang jaman sekarang dipermudah mau cari arti kanji tinggal pake smartphone yah. Jadi kamus kokugo jiten ini tergeserkan oleh popularitas robot ijo. Tapi masih banyak yang pakai lho guys (termasuk aku, pakai buat ganjal laptop, hehe.) NB : untuk SMA lebih baik pakai kartu kanji/Moe kanji (Biar ada kartun kartunya dikit).

Kamus Kenji Matsuura (Jepang-Indonesia), Kamus ini buset dah ketebalannya, kamus yang tebalnya setebal rasa cintaku padamu ini cocok buat kalian yang suka ke kampus bawa yang berat berat guys. Aku punya nih kamus, aku pakai kalo lagi ada gawean translate doang, jarang aku bawa ke kampus berat soalnya guys, tapi kamus ini lengkap, dan emang aku rekomendasiin buat kalian yang belajar bahasa jepang.

rekomendasi-kamus-bahasa-jepang-indonesia

Kamus Saku (Indonesia-Jepang Jepang-Indonesia), Kamus saku ini berguna banget buat kalian yang suka simple tapi bisa mencakup semuanya. Memang sih ini kamus simple, tapi menurutku ga begitu lengkap. Aku pernah nyari kata apa gitu lupa, eh ga nemu di nih kamus saku. Ini cocok buat berpergian juga.

rekomendasi-kamus-bahasa-jepang-indonesia

Kamus Elektrik (Denshi Jisho), Ini kamus modern selain pakai smartphone guys. Kadang kan kalau translate pakai smartphone tahu sendiri kan hasil dari translate kaya apa? kadang ngaco, kadang ya bener, ya gitulah pokoknya.

Nah itu dulu guys, Apa saja yang perlu kalian siapin buat belajar bahasa jepang. Yang pertama niat belajarnya aja dulu di benerin ya! Motivasi belajar juga, ngomongin masalah motivasi, motivasi aku belajar bahasa jepang, karena pengen nonton kartun jepang tanpa subtitle, kadang kan nyebelin tuh, gak nikmatin film/kartunnya malah baca sub.

Stay Ganbare!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *