Skip to content

Budaya Batik Indonesia yang mendunia

Batik, berbicara mengenai batik, masih berhubungan dengan yang disebut dengan budaya. Pertama kali mendengar batik, pikiran kita akan tertuju pada sebuah kota di jawa tengah, Pekalongan. Tapi, sebenarnya batik tidak hanya ada di pekalongan. Tapi di berbagai kota di indonesia memiliki batik. Yang menjadi pembeda antara batik satu dengan batik yang lain adalah pada motif batik nya.

Berbicara mengenai batik, tahukah kalian jika batik indonesia sudah mulai menyentuh pasar mancanegara? Negara mana sajakah? Banyak negara yang sudah melirik dan mulai mengimpor batik dari indonesia, begitupun dengan negara jepang. beberapa orang jepang menyukai corak dan motif batik khas indonesia ini.

Salah satu wanita asal jepang ini contohnya. Dia menyukai batik khas pekalongan dan surakarta. Apa yang menjadi penyebab dia menyukai batik? “Aku menyukai ke tradisionalan, dari sebuah batik, dan warnanya yang sangat cocok dengan wajah orang jepang.” Ungkapnya. Wanita ini, tak hanya sekedar menyukai batik. Tetapi dia berencana membuat sebuah usaha dengan kain batik. Ya, dia akan membuat yukata, obi dari kain batik.

budaya2tik2%yang2%mendunia
Logo toko online karura

Karura, nama perusahaan yang akan ia bangun. Nama karura sendiri tidak sembarangan ia pilih, melainkan memiliki arti dan filosofi. Karura, merupakan salah satu dewa dalam agama hindu. Ia dikenal baik hati dan sangat kuat. Dengan bentuk tubuh manusia bersayap lebar, dan berkepala burung garuda. Keiko Moritsugu, selaku CEO sekaligus pemilik dari karura, berharap perusahaanya bisa berkembang lebih baik, dan bisa melayani para pelanggannya.

budaya2tik2%yang2%mendunia
Keiko san belajar tentang motif batik

Untuk memelajari batik, ia pergi ke Indonesia, hingga 4 kali. Hingga akhirnya ia menyukai salah satu motif batik Soga. Menurutnya motif tersebut sangat bagus dan indah. Warna dan coraknya memiliki khas dan rasa. Sudah beberapa obi untuk kimono dan yukata yang ia hasilkan. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan, ia ingin belajar tentang dress code batik, Bagaimana cara penggunaan baju batik hingga digunakan untuk acara apa sajakah yang memakai kain batik. Seperti batik khusus laki laki ataupun batik khusus permpuan bagaiamana.

Dia berharap ia bisa pergi ke indonesia lagi. Saat ini ia sedang memersiapkan toko online yang ia buat untuk perusahaan yang ia kembangkan. Situs yang akan ia buat saat ini sedang dalam tahap pengerjaan yang rencananya akan di launching pada bulan september tahun ini.

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *