Skip to content

Cara cepat belajar bahasa jepang sendiri untuk pemula

Cara cepat belajar bahasa jepang? Adakah? Banyak sekali yang beratanya adakah cara cepat untuk belajar bahasa jepang? Jawabanya relatif, bisa ada bisa juga tidak. Karena brlajar bahasa itu bergantung pada niat diri mereka, niat atau tidakkah kita menguasai bahasa asing? Atau hanya sekedar iseng? atau benar benar ingin bisa belajar bahasa jepang?

Untuk menguasai bahasa asing secara cepat, setidaknya kita harus menggunakannya dalam keseharian kita. Ya bergantung pada keniatan kita saja sebenarnya. Jika kalian ingin cepat ada beberapa tips memang, yang bisa membuat kalian bisa cepat belajar bahasa jepang sendiri, meskipun kalian baru sekali belajar.

cara-cepat-belajar-bahasa-jepang-sendiri-untuk-pemulaSebelum kita mulai tips dan caranya agar mudah menguasai bahasa jepang, mari kita ulik sedikit tentang bahasa jepang. Seperti halnya bahasa Indonesia, pada umumnya dibagi menjadi 2, bahasa jepang standar, bahasa yang sering digunakan di tv tv dan kehidupan kantoran maupun pada saat Belajar mengajar bahasa standar bisa disebut dengan Hyoujungo. Lalu ada Kyoutsugo, ini bahasa informalnya, jadi bahasa ini biasa digunakan untuk kehidupan sehari hari kepada teman teman sebaya.

1. Berniat

Tanpa didasari dengan yang pertama ini, percuma kalian belajar bahasa jepang. Tentunya niat dan benar benar berminat. Niat yang kuat memberikan dorongan secara psikis terhadap diri kita untuk terus belajar bahasa jepang. Memahami sedikit demi sedikit secara berkelanjutan dan konsisten. Niat membuat rasa konsisten sangat besar.

2. Tonton anime maupun drama maupun program tv jejepangan

TV bisa menjadi sarana yang bagus untuk kita belajar bahasa jepang secara otodidak. Diera modern seperti sekarang ini, mudahnya mengakses program maupun acara luar negeri sangatlah mudah. Kita bisa mendengarkan oengucapannya, dan nada serta intonasinya. Awalnya gunakan subtitle terlebih dahulu, setelah 3x tontonan cobalah untuk tidak menggunakan subtitile. Hal ini membantu kalian memahami maksud dari adegan maupun ucapan si aktors maupun pembawa berita.

3. Biasakan mendengar kalimat kalimat dalam bahasa jepang

Masih berkaitan dengan cara yang nomor 2, yaitu kita harus sering seringlah mendengarkan lkalimat kalimat berbahasa jepang. ya dengan cara menonton program program tv jepang atau tontonan kartun kartun jepang yang ringan, seperti chibi maruko dsb.  Tak hanya itu, manfaat lainnya sering mendengarkan kalimat berbahasa jepang secara konsisten, membuat kita terbiasa dengan tata bahasanya dan penggunaan penggunaan partikelnya. Di akhir artikel aku bakal kasih link buat kalian belajar kalimat kalimat bahasa jepang

4. Biasakan mengucap kalimat kalimat dalam bahasa jepang

Setelah kita mendengar kalimat kalimat dengan bahasa jepang, coba copy paste kedalam otak kalian. Mulai dari intonsasi, nada bicara hingga ekspresi mereka. Dan ucapkan hingga terdengar hampir mirip. Hal ini bisa membuat kalian terlihat aneh, pasalnya kalian akan terlihat lebay pas ngomong bahasa jepang pakai intonasi dan gestur orang jepang. Tapi ya memang begitu keadaanya. (metode ini favorit aku).

5. Menulis kalimat kalimat dalam bahasa jepang

Setelah kalian mendengar, mengucap, langsung tuliskan apa yang kalian dengar maupun ucapkan. Ini guna melatih kalian juga untuk menulis huruf huruf jepang. Mulai dari hiragana, katakana, dan kanji. Hal ini akan melatih ingatan kita tentang hururf huruf jepang dan pola kalimat pola kalimat bahasa jepang yang tadi kita pelajari.

6. Baca artikel jepang

Setelah agaknya matang, 2 sampai 5 mulai kuat dan terbiasa, maka saatnya biasakan membaca artikel artikel atau website website jepang yang beredar luas di jagat maya. Baca mulai dari berita terlebih dahulu, karena menggunakan bahasa standar. Lalu bisa baca manga yang belum di translate. Atau bisa juga baca majalah majalah jepang.

7. Memperbanyak vocab bahasa jepang

Hal ini sangat berguna, pasalnya ini merupakan kata kata dasar yang sering dipakai. Buku yang bagus untuk pemula belajar vocab bahasa jepang adalah Sakura 1 sakura 2, maupun sakura 3, atau bisa juga pakai nihongo 1 maupun nihongo 2.

8. Barulah kita belajar tata bahasa, Pola kalimat

Pola kalimat dalam bahasa jepang agaknya menyulitkan bagi mereka yang tidak terbiasa mendengar mengucapkan itu akan menjadi momok yang menakutkan. Itu sebabnya cara diatas akan membuat kalian penasaran, sebenarnya pola kalimatnya apa sih. Jika kalian memelajari pola kalimat terlebih dahulu, untuk beberapa orang akan menghabiskan waktu yang lumayan banyak, dan bisa jadi malah merasa kebingungan, dan gagu saat berbicara dengan bahasa jepang. Lantaran takut salah pada pola kalimatnya.

Itu saja tips yang aku pakai untuk belajar bahasa jepang. Karena praktek itu memang sulit. Apalagi di Indonesia kita jarang sekali menemukan orang yang bisa diajak ngobrol dengan bahasa jepang buakn? Seperti yang saya tulis di atas, website yang bisa kalian kunjungi untuk belajar bahasa jepang mandiri yaitu nihongo-e-na. Kalian akan dipandu oleh erin utnuk belajar bahasa jepang. Selamat belajar!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *