Skip to content

Tips membeli smartphone di Jepang

Halo, setelah sekian lama tidak melakukan post karena sibuk kerja bagai kuda, kali ini aku akan posting sedikit tentang jepang. Ya pasti, karena situs ini membahas mengenai jepang. Membeli handphone, kita berfikir lagi, handphone, smart phone, ponsel pintar, siapa sih di zaman sekarang ini, di zaman now ini yang tangannya bisa lepas dari handphone? Hampir setiap hari kita menatap layar terpaku untuk online, main game, nonton vidio, dan lain lainnya bukan?

 tips+membeli+handphone+di+jepang

Beli handphone di jepang? Ada konter pulsa? ada yang jual vocher? Mari kita bahas, bagaimana sih cara beli handphone/smartphone di jepang? OKe sebelumnya, artikel ini referensinya dari website PPI yah. Untuk tau apa itu PPI bisa klik disini.

Ada gak sih, tips tips khusus buat beli handphone di jepang? terus provider yang bagus apa? Sistem pakai providernya gimana?

Cara yang paling umum digunakan oleh orang Jepang untuk membeli ponsel baru adalah melalui 3 carrier besar: au, DoCoMo, atau SoftBank.  Cara ini cukup simpel: cukup datangi toko dari carrier yang akan Anda pilih dengan membawa Residence Card (yang sudah diregistrasi di city hall), paspor, dan kartu kredit atau kartu ATM dari bank di Jepang.  Tinggal pilih plan, atau kita sering nyebutnya paket pakte gitu.

Syaang banget, kalau pakai cara ini biaya per bulannya agak tinggi. Tapi sebenernya tergantung plan sama HP apa yang kalian pilih sih, biaya per bulan berkisar antara ¥4000 – ¥8000 (mayan buat jajan kan).  Sayangnya, sih, ada sayangnya, kalau kalian bawa HP yang kalian beli di jepang ini balik kampung ke negara tercinta, ga bisa dipake, gabisa dimasukin SIM provider indonesia. Sebenernya bisa namanya proses unlock dari pihak provider jepang biar networknya di unlock biar bisa SIM indonesia, tapi ya itu, butuh biaya lagi sekitar 3000 Yen.

Lalu, ada gak sih? cara yang lebih murah untuk bisa connect ke internet di Jepang? Jawabannya ada! Anda bisa menggunakan Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

Apa itu MVNO? Simpelnya, operator MVNO ini adalah penyedia layanan jasa mobile yang “menumpang” pada jaringan milik DoCoMo, au, atau SoftBank. Ada banyak MVNO di Jepang, baik yang hanya menyediakan SIM saja atau yang juga mempunyai bundling plan dengan ponsel SIM-free (baca: YES! GA PERLU REPOT UNLOCK). Untuk daftar MVNO yang ada di Jepang, kalian bisa mengunjungi http://www.mvno-navi.com (JP only).

Untuk menggunakan MVNO, Anda memerlukan ponsel SIM-free alias unlocked yang kompatibel dengan jaringan 3G (HSDPA/HSDPA+) dan 4G (LTE) yang digunakan oleh MVNO pilihan Anda.  Tapi Anda tidak perlu panik, ponsel dari Indonesia sebagian besar sudah unlocked dan kompatibel dengan jaringan selular di Jepang. So sans aja ya!

Dengan cara ini, kalian bisa hemat banget, tapi jika kalian gak pengen pakai smartphone lama kalian yang bawa dari Indonesia, ya kalian bisa beli di Jepang, yang SIM-free (WAJIB!! SIM-free). Cara ini lebih hemat sih, dibandingkan kalian ikut plan dari provider di sonoh, terus kalian pilih plan dan ponselnya bapak “steve jobs”. Bisa muter doang gaji baito kalian ato gaji kenshuu kalian. Ye kan?

Tapi sayang seribu sayang, kendalanya, ada lagi nih kalau mau pakai MVNO. Apa itu? kalian harus punya credit card atau bahasa Luar negerinya Kartu kredit, hampir semua MVNO menerima pembayarannya pakai “kartu utang”. Jadi agak sulit sih. Tapi jangan khawatir, dishinilah gunanya seorang teman. (evil) Kita minta tolong teman kita (yang punya CC) buat bayarin MVNO kita, lalu kita bayar deh teman kita pakai cash.

Kalo kalian ingin bikin kredit card untuk daftar MVNO, itu tuh kayak apa ya, bola tenis? jadi buat bikin kartu kredit kita butuh nomor telfon, sedangkan kita mau beli nomor telfon harus pakai kartu kredit? Bolak balik kan? Ada solusinya? ada, tapi ya sayang uang sih, kalian ke provider terus beli yang keitai hape jepang model flip gitu, dumbphone lah, nah ntar kalian dapat nomor telpon, baru deh daftar kredit card. Tapi lebih enak manfaatin temen sih ya. (evil)

Untuk membuat kontrak MVNO ini sendiri, kalian dapat melakukannya secara online dari situs MVNO tersebut atau mendatangi bagian telepon selular dari Yodobashi Camera.  Pastikan kalian tidak menanyakan soal DoCoMo, au, ataupun SoftBank.

Jika kalian pengen hemat, mending kalian beli ponsel LTE di situs situs kaya amazon.co.jp atau beli di book off atau toko second-an tapi ingat yang SIM-Free, lalu daftar MVNO. Di sisi lain, jika kalian tidak ingin terlalu ribet dengan bola tennis yang tak sebutkan tadi, silahkan kunjungi carrier shop terdekat.  Jangan lupa membawa seseorang yang bisa berbahasa Jepang.

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *