Skip to content

Gak bisa naik kereta di jepang? Begini cara naik kereta di Jepang

Halo pak, selamat malam siang dan sore. Mendengar judul diatas, pasti temen temen bingung kan? Hah? naik kereta aja kaga tau? Seriously? Kan tinggal beli tiket lalu naik. Secara teori memang seperti itu adanya. Bagi yang tau cara baca kanji sih oke oke aja, bisa bahasa jepang sama bisa baca kanji. Tapi bagi kita kita yang awam? Cuman sebagai seorang penjelajah? MAri kita bahas Bagaimana cara naik kereta di jepang.

cara-naik-kereta-di-jepang-2

Pernah tau tak? Di jepang itu ada banyak jenis kereta pak. Misalnya kereta biasa, yaitu kereta yang melewati atau memotong jalur pengguna badan jalan dan pejalan kaki, kereta Shinkansen yaitu kereta jarak jauh yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, dan masih banyak lagi. Kereta yang beroperasi di seluruh Jepang dikelola oleh JR Group atau perusahaan kereta swasta.

Kalau orang orang kita kemana mana naik motor, lain halnya dengan negara maju yang satu ini. Yang namanya moda transportasi ii tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat jepang pak. Jalur dan jurusannya juga beragam. Kali ini aku akan memperkenalkan cara naik kereta di Jepang agar kalian juga dapat turut menikmati sarana transportasi yang praktis ini.

Membeli Tiket

cara-naik-kereta-di-jepang

Kereta express dan Shinkansen memang tidak dapat dinaiki dengan hanya membeli tiket saja. Nah, yang akan kami perkenalkan kali ini adalah kereta biasa yang dapat dinaiki hanya dengan membeli tiket saja. Dalam bahasa Jepang, tiket untuk naik kereta disebut juga dengan “joshaken“.

cara-naik-kereta-di-jepang

Selain dengan membeli tiket, temen temen juga dapat naik kereta biasa dengan menggunakan IC Card seperti Suica. IC Card membutuhkan biaya tambahan untuk administrasi, jadi harganya tentu saja berbeda dari tiket biasa.

Sebelum membeli tiket, lihatlah dulu daftar tarif perjalanan yang ada di dekat mesin penjual tiket. Lihatlah tarif yang diperlukan untuk perjalanan dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan Temen temen. Setelah itu, masukan uang ke dalam mesin, tekan tombol bertuliskan nama stasiun tujuan yang ada pada layar. Jangan lupa ambil kembaliannya bila temen temen tidak membayar dengan uang pas.

Apabila ingin menggunakan IC Card dan belum memilikinya, silakan baca artikel kami mengenai cara pembuatan IC Card Suica. Dengan menggunakan IC Card, temen temen ngak perlu mengantri untuk membeli tiket. temen temen juga nga perlu repot menghitung harga tiket apabila perlu berganti kereta. IC Card juga dapat digunakan untuk membayar bus kota dan pengganti tiket kereta subway, benar-benar praktis.

Melewati mesin pemeriksa tiket

cara-naik-kereta-di-jepang

Setelah tiket atau IC Card ada di tangan, temen temen harus melewati mesin pemeriksaan tiket untuk menuju ke peron. Ada mesin pemeriksaan tiket yang hanya dapat digunakan untuk tiket lembaran (joshaken), ada yang hanya dapat digunakan untuk IC Card, dan ada pula yang dapat digunakan untuk keduanya. Jadi perhatikan baik-baik mesin pemeriksa tiket di depan mata kalian.

Apabila menggunakan IC Card, sentuhkan bagian yang ditandai pada sensor mesin pemeriksa tiket. Apabila menggunakan tiket lembaran, masukkan tiket ke dalam salah satu ujung mulut mesin pemeriksa, lalu tiket akan keluar dari ujung lain mesin pemeriksa. Nah, ambilah tiket yang keluar dari mesin pemeriksa ini. Jangan buang tiketnya karena temen temen bakal memerlukannya untuk keluar dari stasiun saat sampai di stasiun tujuan nanti.

Setelah sampai di stasiun tujuan, masukkan lagi tiket ke dalam mulut mesin pemeriksa tiket, tetapi kali ini lembaran tiket tidak akan keluar dari mesin. Sedangkan untuk IC Card, caranya sama seperti saat hendak naik kereta, sentuhkan saja pada bagian sensor mesin pemeriksa tiket.

Saat uang yang kalian depositokan di IC Card atau harga tiket yang kalian beli tidak mencukupi, mesin pemeriksa tiket akan mengeluarkan bunyi dan pintu tidak akan terbuka. Biasanya ada pegawai stasiun berjaga di dekat mesin pemeriksa tiket. Nah, ikuti saja petunjuk dari mereka. Kejadian tidak terduga seperti kerusakan mesin pemeriksa tiket dan salah membeli tiket kadang terjadi di kalangan pengguna jasa kereta. Jadi, alangkah baiknya kalian berangkat sedikit lebih awal dari waktu berangkat yang kalian rencanakan.

Saat menunggu datangnya kereta dan berada di dalam kereta, patuhilah tata tertib atau etika yang berlaku. Kereta di Jepang memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna jasa kereta. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami mengenai etika di dalam kereta.

Baca selanjutnya temen temen : Etika saat di dalam kereta api di jepang

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *