Skip to content

Beberapa Festival jepang yang unik dan Aneh.

Jepang, ngomongin tentang jepang, gak jauh jauh sama yang namanya festival. Di negara Indonesia sendiri sudah banyak matsuri matsuri yang bertakjubkan ala ala jejepangan. Mulai dari ennichisai, orenji dan lain sebagainya. Kalian pernah penasaran nga sih? Di Jepang sendiri, festivalnya itu bagaimana? Ya namanya Jepang, hampir semua festivalnya unik dan penuh makna. Apa saja sih festival festival Jepang yang unik dan Aneh yang hanya bisa kalian temukan di Negara Jepang ini?

1. Kanamara Matsuri

kanamara-matsuri-2019

Hahaha, Liat thumbnailnya penuh dengan mozaik. Kalian ya, apa yang kalian pikirkan? Ya, memang jika di Negara kita, hal tersebut akan menjadi sangat tidak etis dan sensitif. Tapi di Jepang ini ada festival unik ini, namanya Kanamara matsuri. Sebenarnya tidak hanya patung saja yang melambangkan alat si P. Tetapi juga makanan makanannya. Mulai dari lolipop hingga pisang cokelat. Dan ornamennya pun berbentuk sesuatu yang “amoral” tersebut. Tapi sebenanya, tujuan dari festival ini bukanlah hal yang “itu”.

Festival Kanamara ini, memiliki tujuan pengharapan akan kesuburan, dan kelanggengan dalam suatu hubungan. Tidak hanya itu, festival ini juga bertujuan agar mereka terhindar dari penyakit menular. Meskipun semuanya berbentuk hal “itu“. Mereka semua menikmati festivalnya dengan senang tanpa rasa tabu.

2. Kasedori Matsuri

Kasedori-matsuri-2019

Festival ini sempat hilang ditahun 1800-an. Lalu berhasil diangkat dan dikenalkan kembali pada tahun 1959. Jika kalian ke Jepang pada bulan Februari, kalian dapat menikmati serunya festival ini. Mereka para peserta festival akan menggunakan kostum mirip orang orangan sawah ini dan berjalan dari kastil Kaminoyama dan berjalan menari mengelilingi kota. Tak hanya itu, para peserta juga akan disiram oleh air dingin. Tujuan dari festival ini yaitu, agar terhindar dari kebakaan, dan dipercaya agar bisnis yang sedang dijalani berjalan lancar.

3. Hitori Zumo

hitori-zumo-matsuri-2019

Haha, dari namanya saja sudah memiliki arti yang agak gimana gitu. Sumo Sendirian. Sumo seorang diri. Kalian bisa bayangkan? Bagaimana sih menonton sumo yang melawan musuh imajinernya? Agak gimana gitu ya. Eits, tapi jangan salah, festival ini juga seru kok. Keliatanya lucu kan? Tapi festival ini punya tingkat kesakralan yang tinggi lho. Terlihat sang pesumo begitu serius dan benar benar sedang melawan musuh bukan? Festival ini diyakini untuk keberlimpahan panen dan penghargaan kepada dewa dewi lho.

4. Hadaka Matsuri

Hadaka-matsuri-2019

Jika diawal kita sudah membahas festival alat “itu”. Maka festival yang satu ini juga tidak jauh jauh dari festival yang onoh. Hahaha. Cuman, ini masih agak sopanlah. Jadi para peserta (wajib laki laki) akan telanjang dan hanya menggunakan pakaian dalam sumo. Mereka akan bersorak sorak dan minum sake hingga mabuk. Setelah mereka mabuk, Tetua akan melemparkan sebuah kayu kepada para peserta, dan para pria tersebut harus berebut kayu yang dilempar. Konon dipercaya bahwa pria yang mendpaat kayu tersebut akan mendapatkan kebahagiaan sepanjang tahun.

5. Hetomato matsuri

hetomato-matsuri-2019

Jika kalian pergi ke Jepang di Minggu ke 3 Januari, maka pergilah ke Goto, Fukue. Kalian akan menyaksikan festival Hetomato ini. Festival ini cukup seru dan unik. Festival ini memiliki banyak acara. Para pemuda akan bersumo dengan para orang tua. Lalu para wanita akan saling pukul dengan sebilah kayu kecil, dan juga akan ada seorang wanita yang ditandu di atas sendal yang besar. Tak hanya itu, para pria hanya memakai celana sumo dan tubuh mereka harus dilumuri dengan semacam arang. Festival ini bertujuan agar tangkapan para nelayan memuaskan sepanjang tahun.

Nah, itu dia beberapa festival unik yang hanya ada di JEpang. Sebenarnya tidak hanya jepang saja sih yang punya festival festival unik. Indonesia malah lebih banyak festival festival uniknya. Misalnya sintren dari daerah pantura, dan masih banyak lagi.

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *