Skip to content

Cara belanja di minimarket di Jepang? Ada Etikanya?

Negara Jepang, Kita semua tahu kan, negara jepang sangat menjunjung tinggi sekali sebuah etika? Ya etika, bagi warga jepang itu sangat penting sekali. Etika berlaku tidak hanya dikantor maupun tempat kerja, melainkan dalm keseharian kita juga harus memerhatikan etika kita saat kita berada di Negara Jepang. Misalkan etika naik kereta di Jepang, itu ada etikanya lho. Emang sih agak ribet, tapi inilah yang membuat negara mereka ini unik dan asik untuk dijadikan destinasi wisata.

cara+belanja+di+minimarket+di+jepang+ada+etikanya

Terus gimana sih cara belanja di minimarket di jepang? Apakah sama dengan kombini/minimarket di Indonesia? Yoshiko, pengguna SNS Twitter ini bercuit di laman medsosnya mengenai etika etika yang harus pengunjung minimarket lakukan agar transaksi bisa berjalan lancar dan tidak menghambat antrean di kasir.

Itu yang ia keluh kesahkan.
1. Tolong buka lipatan pada uang kertas kalian.

Hal ini sangat membantu para kasir. Seringkalai kita meletakkan uang kita didompet maupun melipatnya dan memasukkan ke dalam kantong. Membuka lipatan pada uang kertas akan sangat memudahkan sekali untuk kasir agar tidak menata uang/membuka lipatannya. Sehingga mempercepat proses transaksi.

2. Jangan melempar koin! Bukan sedang berada di kuil.

Melempar koin? hahaha, emang terdengar aneh ya, melempar koin itu memang tindakan yang kurang sopan, tidak hanya di Negara Jepang. Melempar sesuatu untuk diberikan, itu benar benar tidak beretika.

3. Letakan kartu poin diatas uang kertas.

Kita seringkali memeiliki kartu poin, kalau disini seperti kartu “ponta” gitu. Meletakkan kartu diatas uang kertas sangat memudahkan sekali bagi kasir dalam melayani pengunjung. Jadi tidak harus membuka lembaran uang, jika kartu di tengah uang.

4. Jangan merebut uang kembalian dari tangan kasir.

Tenang aja, kasir gak akan ngambil uang kalian kok. Tunggu saja sampai kasir meletakkan uang kembalian pada nampan/kayak piring datar tempat meletakkan uang disitu. Jadi gak usah kalian rebut uang kembalian dari tangan si kasir ya! itu tidak beretika.

5. Kasir juga manusia seperti para pelanggan.

Kita sering mendengarpepatah “tamu adalah raja”, nah di Jepang sendiri juga punya istilah yang hampir sama. Tamu adalah Tuhan. Tapi kalian tidak berhak memperlakukan kasir atau pegawai layaknya budak yang harus melayani kalian ya! Kalian harus saling menghormati dan menghargai sesama manusia!

Itu dia tips tips jika kalian punya kesempatan jalan jalan ke jepang, kalian ingin beli makanan di Kombini/minimarket sudah tau bagaimana caranya ya. Jadi tetap harus sopan dan santun!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *