Skip to content

Asal Usul Kanji Jepang

asal usul kanji jepangHalo pembaca, welcome back on this blog, oke kalian para pembelajar bahasa jepang, atau yang belajar bahasa jepang bersama maupun individual, pastinya gak akan lepas dong dengan yang namanya huruf jepang? mulai dari hiragana hingga huruf kanji jepang. Nah apa kalian tahu beberapa sejarah dari huruf huruf kanji jepang yang kalian pelajari?

Kali ini aku bakal bahas satu hal yang sedikit membuat ngilu, yaitu sejarah huruf kanji jepang guys, kenapa sedikit ngilu? emang agak ngilu soalnya agak serem sih kalo dibayangin dengan penuh imajinasi. Ini ngeri bukan karena kita akan menghafal kanji lho ya! memang huruf kanji menjadi momok tersendiri bagi orang yang belajar bahasa jepang guys (termasuk aku). Tapi gak usah khawatir, kita akan sedikit bahas sisi kelam si kanji jepang ini.

Baca Juga : Siapa amanojaku itu?

Kanji Jepang

asal usul kanji jepangKanji bukan hanya bentuknya yang abstrak tapi juga kanji jepang ini biasanya punya 2 cara baca guys! yang belajar bahasa jepang pasti udah tahu kan? yaps! cara baca onyomi dan kunyomi. Apa itu Onyomi dan apa itu Kunyomi? Sedikit ulasan aja simplenya, Kunyomi adalah cara baca jepang, sedangkan onyomi cara baca chinanya. Yang agak bingung emang kapan kita harus baca onyomi? dan kapan harus baca kunyomi. (aku juga kadang masih bingung).

Malah melebar kan jadinya, masuk ke poinntya, yaitu asal usul kanji jepang. artikel kali ini aku bakal sedikit bahas cerita seram di balik beberapa huruf kanji jepang. Sumbernya aku baca dari iromegane.com bagi kalian bisa langsung kesana kalo pengen liat sourcenya langsung.

Kanji-Shin-Kanji-Benar

Ada yang tau cara baca kanji diatas? yaps, kanji diatas dibaca Shin untuk onyomi, dan Ma untuk kunyomi nya. Apa artinya? artinya adalah kebenaran, sebenar benarnya. tapi kalian tahu gak sih? ada cerita sedikit seram dibalik kanji yang indah diatas? Mari kita lihat kanji kuno dari kanji diatas.

Sejarah kanji jepang

Huruf kanji ini merupakan bentuk asli dari kanji diatas, tapi masih digunakan lho guys, Cerita kelam dibaliknya itu, jadi huruf ini menurut sumber yang aku baca, huruf ini menggambarkan mayat dari orang yang meninggal akibat bencana guys. Huruf  “匕” Diatasnya adalah Tubuh orang mati yang tertelungkup, bisa bayangin? dan huruf “県” dibawahnya adalah rambutnya yang terurai dari tubuhnya. hiiii.. Orang orang percaya bahwa orang yang meninggal karena bencana rohnya akan menjadi roh pendendam, nah untuk menghibur sang roh pendendam ini maka diabadikan dalam huruf tersbut lho guys. Itu sebabnya huruf 慎 (tsutsushimu/moderat) dan 鎮 (shizumeru/menumpas) digunakan untuk berbagai upacara untuk menenangkan roh-roh pendendam.

kanji-jalan-kanji-michi

Kanji selanjutnya, mari kita liat kanji diatas? tahu kanji apa? yaps! kanji michi, kanji yang artinya jalan, dibaca michi cara baca kunyomi, dan dibaca dou cara baca onyomi. Orang-orang yang berlatih seni bela diri sangat akrab dengan huruf ini dan sebenarnya ini adalah salah satu huruf Kanji yang paling populer di antara huruf lainnya.

Artinya sih jalan, tapi mengapa ya huruf tersebut ada kaitannya dengan leher ? apa leher itu salah satu jalan makanan? atau jalan apa? daripada penasarin, mari simak ulasannya guys!

Hiii,, sebenarnya kanji ini dibuat dari bentuk tangan yang sedang memegang sepotong kepala guys, tentunya kepala yang lepas dari tubuhnya. (jangan dibayangin). Pasalnya pada masa kuno, orang-orang menggunakan kepala untuk memurnikan roh jahat yang membawa bencana dan kutukan di gurun/tempat pembuangan di mana tidak ada jalan. Oh gitu toh rupanya, aku kira ada apa hubungannya dengan jalan. haha.

kanji jepang-kanji-tori

Selanjutnya ada kanji di atas, sudah tau kanji apa? yaps! itu adalah kanji 取, yang dibaca sebagai Toru (kun yomi) dan Shu (on yomi), artinya adalah “mengambil”. Humm, kedengaran wajar dan normal dimana nih sisi seramnya? mau tahu? mari kita si emak.

Asal-usulnya sepertinya sedikit keji. Di sisi kiri dari Kanji ini adalah (mimi/telinga) tetapi apakah kalian tahu pembaca tentang tanda di sisi kanannya? 又 dibaca sebagai Yuu (on yomi) dan Mata (kun yomi). Tanda ini sebenarnya berarti tangan. Lalu apa Maksudnya?

Nah, pada jaman dahulu, pada jaman china kuno, para prajurit ini memotong telinga musuh musuhnya yang berhasil mereka habisi guys, hiii.. jadi para prajurit ini bisa melihat seberapa banyak musuh yang sudah mereka habisi. sedikit keji emang, (agak mual). Kanji tersebut, 取 berasal dari tindakan “mengambil/mengumpulkan telinga di tangan”. Sepertinya cukup ngeri ya guys!

Gimana nih guys? sedikit tahu kan? kalau ingin tahu lebih lanjut lagi tunggu tulisan aku selanjutnya ya pembaca. Untuk berlangganan bisa like FP kita guys. di sana ajah.

referensi : iromegane.com

Support US

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *