Skip to content

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang
Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang

Halo pembaca. Perbedaan waktu Indonesia dan Jepangkali ini kita akan bahas sedikit mengenai perbedaan waktu. perbedaan waktu ini pastinya lah ya terjadi di seluruh belahan bumi ini. Nah, berapa jam sih selisih waktu indonesia dengan jepang? Ulasan kali ini bisa berguna buat kalian yang benar benar membutuhkan ketepatan waktu, yang jamnya gak bisa auto-update time, kalian bisa atur manual nih guys.

Nah, perbedaan waktu indonesia dengan jepang ini terbilang gak jauh jauh amat, bahkan ada juga daerah di Indonesia yang zona waktunya sama dengan jepang. Perbedaan waktu yang tidak begitu signifikan ini menandakan bahwa indonesia itu gak begitu jauh dengan jepang guys. Perbedaan Waktu indonesia bagian barat dengan zona waktu jepang adalah selisih 2 jam. Jadi seperti selisih Indonesia Barat dengan Indonesia Timur guys.

Nah, Jepang ini punya standart waktu nih, namanya JST. apa itu JST? JST adalah singkatan dari Japan Standard Time, dimana ini dijadikan patokan untuk waktu standar di jepang guys. JST ini menggunakan sisitim UTC+9 dan tidak didukung dengan daylight saving time, yang mana gak ada perbedaan waktu ketika musim panas.

Jika biasanya di negara yang punya 4 musim, musim panas ini cenderung memiliki waktu yang lebih panjang disiang hari, tapi tidak untuk jepang. Semua musim waktunya tidak berbeda atau dengan kata lain sama waktunya guys.

Kalo kita lihat dari segi UTC nya jepang, yaitu UTC+9, perbedaan waktu indonesia dan jepang tidak terlalu jauh bukan? bahkan indonesia bagian timur memiliki UTC yang sama dengan jepang.

Jika dicermati lebih baik lagi sih, WIB sama jepang cuman selisih 2 jam guys. Jadi semisal ini aku di Semarang jam 17:04 maka di Tokyo, Jepang sekarang pukul 19:05 guys. gak beda kan sama selisih WIB sama WIT? Nah, karena perbedaan waktu yang gak begitu jauh ini, ketika kita pergi ke jepang, kita jarang mengalami jet Lag, soalnya perbedaan waktunya gak begitu signifikan. Mudah bagi kita buat adaptasi sama waktu di jepang.

Gak hanya uniknya perbedaan waktu Indonesia dan jepang nih, ternyata dulu, Jepang menggunakan planetarium yang terletak di kota Akashi buat menentukan waktu negra jepang guys. gak cuman itu, di Prefektur hyogo juga terdapat observatorium guys. Nah, disinilah letaknya jam besar, yang menjadi patokan waktu di negara jepang. Akibat gempa yang kuat, akhirnya jam besar hadiah pemberian perusahaan seiko ini runtuh, dan hancur guys. Gempa itu terjadi pada tahun 1995.

Nah, semenjak berakhirnya gempa tersebut, mulailah jepang menggunakan sistim penetapan waktu yang baru tadi guys. dan sekarang, jam besar pemberian perusahaan seiko itu tersimpan rapih sebagai pusaka bersejarah, dan di letakkan di planetarium Akashi.

Sudah ngerti kan/ berapa jam selisih waktu indonesia dengan jepang? gak begitu jauh kan? apalagi jika kalian berangkat dari Indonesia timur, gak perlu deh cocok cocokin wkatu di jam tangan kalian. So? stay ganbare!

Support US

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *